SEKOLAH AMAN
NO |
PROGRAM |
|
1 |
Sosialisasi Kepada
Warga Sekolah |
|
2 |
Pengembangan Komponen Sekolah Ramah Anak |
|
|
Kebijakan Sekolah
Ramah Anak |
|
|
A. Memiliki kebijakan anti kekerasan terhadap peserta didik: |
|
|
1. Kebijakan antikekerasan berbentuk SK internal sekolah dasar
(SK Tim Pelaksana dan Tim Pengembang Sekolah Ramah Anak)
disusun secara bersama-sama dan melibatkan semua warga
satuan pendidikan: |
|
|
a. pendidik |
|
|
b. tenaga kependidikan |
|
|
c. pendidik |
|
|
2. Tersedianya kebijakan anti kekerasan, meliputi adanya larangan: |
|
|
·
terhadap tindak kekerasan dan diskriminasi antar peserta didik; |
|
|
·
terhadap tindak kekerasan dan diskriminasi yang ·
dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan (TU, ·
satpam, penjaga sekolah
dan pegawai kebersihan) |
|
|
·
hukuman fisik (contohnya memukul, menampar ·
dengan tangan / cambuk / tongkat / ikat pinggang /
sepatu / balok kayu, menendang,
melempar peserta didik, mencakar, mencubit, menggigit, menjambak rambut, menarik telinga,
memaksa peserta didik
untuk tinggal di posisi yang
tidak nyaman dan panas, dll.) |
|
|
·
bentuk hukuman lain
yang merendahkan artambat peserta didik (contohnya menghina, meremehkan,
mengejek, dan menyakiti perasaan dan harga diri peserta didik,
dll.) oleh pendidik terhadap peserta didik |
|
|
B. Melakukan berbagai upaya untuk
melaksanakan kebijakan antikekerasan terhadap peserta didik, melalui: |
|
|
1. Pencegahan, penanggulangan, dan sanksi
terhadap semua bentuk
kekerasan (fisik, |
|
|
memerlukan perlindungan khusus dan / atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Anak (PMKSA) |
|
|
O. Memperhatikan peserta didik dari kondisi
dehidrasi dan kelaparan pada saat pembelajaran berlangsung |
|
|
P. POS untuk tindak
lanjut bagi tenaga
pendidik yang melakukan kekerasan |
|
|
Q. sekolah mewajibkan orang tua untuk
melaporkan riwayat medis anaknya pada saat
penerimaan peserta didik
baru dan di update setiap
tahun untuk deteksi dini dan pencegahan |
|
|
R. Membiasakan gerakan penanaman budi pekerti |
|
|
Pelaksanaan Proses
Pembelajaran yang Ramah
Anak |
|
|
A. Pelaksanaan Proses pembelajaran: |
|
|
1. Proses
Pembelajaran : |
|
|
a. dilakukan dengan cara yang
menyenangkan, inklusif, penuh kasih sayang
dan bebas dari perlakuan diskriminasi terhadap peserta
didik baik di dalam dan
di luar kelas |
|
|
b. memberikan gambaran yang
adil, akurat, informatif mengenai masyarakat dan budaya lokal |
|
|
c. memperhatikan hak anak |
|
|
d. memperhatikan tahap tahap perkembangan anak |
|
|
2. Dengan menyediakan pengalaman belajar dan proses pembelajaran
yang mengembangkan keragaman karakter dan potensi peserta didik |
|
|
3. Dapat mengembangkan minat,
bakat, dan inovasi
serta kreativitas peserta
didik melalui kegiatan esktrakurikuler secara individu maupun kelompok |
|
|
4. Peserta
didik terlibat dalam
kegiatan bermain, berolahraga dan beristirahat |
|
|
5. Memotivasi dan memberikan kesempatan Peserta didik untuk
menyelenggarakan, mengikuti dan mengapresiasi kegiatan seni budaya
turut serta dalam
kegiatan seni budaya |
|
|
|
|
|
6. Menerapkan kebiasaan untuk peduli
dan berbudaya lingkungan hidup dalam pembelajaran |
|
|
7. Menumbuhkan wawasan dan rasa
kebangsaan pada peserta didik |
|
|
B. Penilaian hasil
belajar mengacu pada
hak anak : |
|
|
1. Penilaian pembelajaran dilaksanakan berbasis proses dan mengedepankan penilaian otentik |
|
|
2. Menerapkan penilaian pembelajaran tanpa membanding-kan satu peserta
didik dengan peserta
didik yang lain |
|
|
C. Bahan Ajar yang aman dan bebas dari unsur
pornografi, kekerasan, dan radikalisme serta SARA |
|
|
Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Terlatih Hak-Hak Anak |
|
|
A. Pelatihan Hak-hak
Anak bagi : |
|
|
1. Kepala
Sekolah |
|
|
2. Guru |
|
|
3. Petugas
Pustak |
|
|
4. Penjaga
Sekolah |
|
|
5. Komite
Sekolah |
|
|
6. Pembimbing Ekskul |
|
|
7. Orangtua/ wali |
|
|
B. Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih tentang: |
|
|
1. Hak-hak
anak |
|
|
2. Pengurangan resiko bencana |
|
|
3. Penanganan di kondisi darurat |
|
|
4. Lingkungan hidup |
|
|
Sarana dan Prasarana Sekolah Ramah Anak |
|
|
A. Persyaratan Keselamatan; |
|
|
1. struktur
bangunan sekolah dengan struktur yang kuat, kokoh, dan
tahan gempa |
|
|
2. bangunan
sekolah memiliki alat pemadam kebakaran yang berfungsi dengan baik |
|
|
3. bangunan
sekolah memiliki jalur
evakuasi bencana menuju
titik kumpul aman |
|
|
4. bangunan
sekolah memenuhi persyaratan instalasi listrik yang
aman |
|
|
5. bangunan
sekolah tidak berada
di bawah jaringan listrik tegangan tinggi (sutet) |
|
|
B. Persyaratan Kesehatan |
|
|
1. bangunan
sekolah memiliki ventilasi alami dan/atau ventilasi mekanik/buatan |
|
|
2. bangunan
sekolah memiliki bukaan permanen seperti kisikisi pada
pintu dan jendela
dan / atau bukaan permanen yang dapat dibuka untuk kepentingan ventilasi |
|
|
3.
bangunan sekolah menggunakan pencahayaan alami dan/atau pencahayaan buatan, termasuk 4.
pencahayaan darurat |
|
|
5. bangunan sekolah memiliki sumber air bersih
yang memenuhi persyaratan kesehatan dan
mengalir lancar |
|
|
6. bangunan sekolah memiliki sistem pembuangan air limbah dan/atau air kotor yang berfungsi dengan baik dan tidak mencemari lingkungan sekitar |
|
|
7. bangunan
sekolah memiliki sistem
penyaluran air hujan
yang berfungsi dan
terpelihara dengan baik |
|
|
8. tersedia tempat pembuangan sampah terpilah dan tertutup |
|
|
9.
bangunan sekolah menggunakan bahan 10.
bangunan yang aman
bagi kesehatan pengguna bangunan dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan |
|
|
C. Persyaratan Kenyamanan |
|
|
1. kapasitas ruang kelas sesuai
dengan fungsi ruang,
jumlah peserta didik (tidak
melebihi 32 peserta didik),
dan aktivitas murid |
|
|
2. temperatur dan kelembaban ruang
kelas nyaman untuk kegiatan belajar mengajar |
|
|
3. ruang-ruang pada bangunan sekolah
terutama ruang kelas terhindar dari gangguan silau dan pantulan sinar |
|
|
4. ruang-ruang pada bangunan sekolah terutama ruang
kelas terhindar dari kebisingan |
|
|
5. Pencahayaan dalam kelas yang
cukup |
|
|
D. Persyaratan Kemudahan |
|
|
1. ukuran
lebar koridor mampu dilewati dua
orang berpapasan |
|
|
2. lebar
pintu kelas minimal 80 cm |
|
|
3. tersedia
toilet dengan jumlah
unit menyesuaikan jumlah
murid, yang terpisah antara toilet laki-laki dan perempuan |
|
|
4. yang baik dan sarana pelengkap yang ain seperti perangkat kebersihan |
|
|
5. pemisahan jarak akses pintu masuk antara toilet bagi murid laki-laki dan
perempuan |
|
|
6. perabot
toilet menggunakan ukuran yang
sesuai dengan pengguna |
|
|
7. tersedia wastafel yang layak untuk anak dengan air bersih yang
mengalir dengan sabun cuci tangan |
|
|
8. tersedia ruang ibadah |
|
|
9. perabot
terutama pada ruang kelas memiliki standar ukuran
sesuai dengan pengguna |
|
|
E. Persyaratan Keamanan |
|
|
1. struktur bangunan tidak memiliki sudut yang tajam dan kasar |
|
|
2. bangunan
sekolah meminimalkan ruang-ruang kosong dan gelap |
|
|
3.
perabot tidak memiliki sudut 4.
yang tajam dan membahayakan pengguna |
|
|
5. tersedia
kamera pemantau (CCTV) di dalam kelas maupun
di lingkungan sekolah
yang rawan |
|
|
F. Ruang UKS memiliki peralatan berikut: |
|
|
1. tempat
tidur |
|
|
2. alat ukur tinggi badan dan berat badan |
|
|
3. alat ukur ketajaman mata dan telinga |
|
|
4. perlengkapan Pertolongan Pertama pada Kondisi Darurat (P3KD) |
|
|
G. Sekolah memiliki lapangan olahraga yang bisa diakses oleh
seluruh anak |
|
|
H. Sekolah
memiliki ruang kreativitas ruang
keterampilan, pojok membaca, tempat peserta didik mengekspresikan diri, dst.) |
|
|
I. Sekolah
memiliki area/ruang (lokasi dan desain dengan perlindungan yang
memadai, sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua peserta didik, termasuk
anak (penyandang disabilitas) |
|
|
J. Sekolah
memiliki ruang perpustakaan |
|
|
K. Sekolah memiliki kantin sehat
dengan kriteria: |
|
|
1. tersedia tempat dan peralatan
yang bersih (pengolahan dan persiapan penyajian makanan) |
|
|
2. lokasi
tidak dekat tempat
pembuangan sampah |
|
|
3. ada tempat cuci tangan |
|
|
4. makanan
dan minuman aman,
sehat, dan halal |
|
|
5. pengolah
dan penyaji pangan bersih dan sehat |
|
|
L. Sekolah memiliki
simbol/tanda/rambu terkait dengan Sekolah Ramah Anak (misal: simbol – dilarang merokok, dilarang bullying; tanda-titik berkumpul, lakiperempuan, disabilitas, dll) |
|
|
M. Sekolah menyediakan media sosialisasi
(materi Komunikasi, Informasi, Edukasi) yang
terkait dengan Sekolah Ramah Anak (misal poster langkahlangkah cuci tangan
pakai sabun, buanglah sampah pada tempatnya, slogan yang bermakna himbauan untuk
perilaku hidup bersih
dan sehat, dll.) |
|
|
N. Sekolah menyediakan "Kotak Curhat" bagi
peserta didik |
|
|
Partisipasi Anak |
|
|
A. Peserta didik bisa memilih
kegiatan ekstrakurikuler sesuai
dengan minat |
|
|
B. Mengikutsertakan
perwakilan peserta didik sebagai
anggota Tim Penyelenggara Sekolah Ramah
Anak |
|
|
C.
Pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah mendengarkan dan mempertimbangkan usulan
peserta didik untuk
memetakan pemenuhan hakdan D. perlindungan anak,
dan rekomendasi untuk
RKAS guna mewujudkan Sekolah Ramah Anak |
|
|
E. Peserta
didik aktif memberikan penilaian terhadap kondisi sekolah |
|
|
F. Peserta
didik mampu menjadi pelopor dan pelapor |
|
|
G. Peserta
didik berani dan mampu engungkapkan pendapat dalam seluruh kegiatan sekolah |
|
|
Partisipasi Orang
Tua/Wali, Komite Sekolah, Lembaga Masyarakat, Dunia
Usaha, Pemangku Kepentingan Lainnya, dan Alumni |
|
|
A. Orang tua/wali |
|
|
1. menyekolahkan anak dekat dengan
orangtua (rumah/kantor) |
|
|
2. menyediakan waktu berkualitas sekurangkurangnya 20 (dua puluh)
menit sehari secara rutin untuk mendengarkan dan menanggapi
anak |
|
|
3. menyediakan waktu berkegiatan ersama secara rutin |
|
|
4. menyediakan waktu, pikiran, tenaga, dan materi sesuai kemampuan untuk memastikan tumbuh
kembang, minat, bakat,
dan kemampuan anak |
|
|
5. memberikan persetujuan untuk setiap
kegiatan peserta didik di sekolah yang
sesuai dengan prinsip-prinsip Sekolah Ramah
Anak |
|
|
6. mengawasi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan peserta
didik, termasuk memastikan penggunaan internet sehat dan media sosial yang ramah anak |
|
|
7. bersikap proaktif melalui
komite sekolah untuk memastikan Sekolah Ramah Anak
masuk ke dalam penyusunan, pelaksanaan, dan ertanggung-jawaban RKAS |
|
|
8. berkomunikasi secara intensif dengan
guru, misalnya melalui media sosial |
|
|
9. berkomunikasi dengan pihak
sekolah meng |
|
|
B. Komite Sekolah |
|
|
1. aktif
mengikuti pertemuan koordinasi penyelenggaraan Sekolah Ramah Anak |
|
|
2.
memberikan masukan terkait
penyusunan, penyelenggaraan,
dan 3. pertanggungjawaban Sekolah Ramah Anak di dalam RKAS |
|
|
4. memfasilitasi mediasi ke pihak luar
sekolah terkait mekanisme penanganan kasus kekerasan terhadap peserta didik |
|
|
5. berperan
aktif dalam memobilisasi sumber daya untuk
peni |
|
|
C. Dunia usaha dalam bentuk Program Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan / Corporate Social Responsibility (CSR) |
|
|
1. Membangun sarana dan prasarana untuk
menunjang kegiatan Sekolah Ramah Anak |
|
|
D. Alumni |
|
|
1. Ikatan alumni
memberi dukungan penyelenggaraan kegiatan Sekolah Ramah
Anak |
|
|
2. Turut serta dalam
kepengurusan komite sekolah |
|
3 |
Monitoring dan
Evaluasi Program |
|
4 |
Tindak Lanjut |